You are here

Mengenal Alam dan Budaya Buminya Bumi Lorosae

Printer-friendly versionPrinter-friendly versionSend by emailSend by emailPDF versionPDF version

EKSPEDISI MAPALISTA 2012

Gunung Ramelau Timor Timur (lebih dari 30 juta tahun) memiliki makna besar sebagai rumah dari para leluhur beberapa suku di Timor Leste. Di gunung (Mambae) bahasa lokal negara tertinggi, Tatamailau, adalah tata (orang tua) mai (pria tertua) lau (paling tua dan pertama). Ramelau merupakan gunung tertinggi di Timor Leste yang mencapai 2.960 m,  diatas puncak ramelau suhu minimun mencapai 18.1 derajat.

Lokasi ini terdapat di Suco Holarua, Sub Distrito Same. Memiliki panorama dan keindahan alam yang sangat menarik, karena terdapat di lereng tanah,pengunungan Kablaki,dengan air yang sejuk dan tetap bersih walaupun di musim hujan,memiliki panorama untuk wisata hutan dan juga olah raga pendakian gunung disamping untuk penelitian geologi dan mineral. Ditempat inilah Mahasiswa Pecinta Alam IST AKPRIND Yogyakarta (MAPALISTA) mengadakan kegiatan Ekpedisi Internasional Indonesia - Timor Leste sebagai bagian dari program  kerja kepengurusan periode 2012 - 2013.Peserta Ekspedisi diapit oleh Pembina Mapalista dan Pendiri Mapalista

Kegiatan tersebut bertujuan untuk Mengasah potensi anggota MAPALISTA dari personil Tim ekspedisi yang berkegiatan. Karena dalam ekspedisi tersebut dilaksanakan pemetaan Gunung Ramelau dan Goa Laleia, Observasi sosial budaya suku Holarua. Selain itu juga digunakan sebagai sarana untuk berbagi ilmu antar mahasiswa pecinta alam di Timor Leste dan tentu saja mempromosikan kampus Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta pada khususnya dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya. Sebab, saat ini kampus IST AKPRIND Yogyakarta menjadi salah satu tujuan utama pemuda Timor Leste yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi.

Ekspedisi yang diikuti oleh 3 anggota MAPALISTA tersebut dilepas oleh Pembina MAPALISTA, Ir. Adi Purwanto, MT dan salah satu pendiri MAPALISTA Jati "Cempe" Priatmojo dari kampus I IST AKPRIND, Jl. Kalisahak 28 Yogyakarta, Minggu (02/12). Selain didukung oleh IST AKPRIND, KAPALISTA, Kedubes Indonesia di Timor Leste, ekspedisi tersebut juga mendapat dukungan langsung dari mantan Ibu Negara Timor Leste Kirsty Xanana Gusmao. Rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 28 Desember 2012. Dalam sambutannya, Ir. Adi Purwanto, MT menyampaikan bahwa para peserta ekspedisi diharapkan selalu menjaga nama baik MAPALISTA. Karena ekspedisi ini tidak hanya membawa nama MAPALISTA saja tetapi juga nama bangsa dan negara Indonesia. Semoga kegiatan tersebut dapat digunakan sebagai sarana menjalin tali persaudaraan Indonesia & Timor Leste di bidang kepemudaan dan kepecintaalaman. (tdj)

 

Tags: